deskripsi gambar

Dukung Kota Hijau, Bobby Nasution & Peserta Pertemuan Ke-5 IMT GT Tanam Pohon Bersama


Medan  ||   kompas7.id    || 

Tidak hanya bersepeda santai, penanaman pohon juga menjadi salah satu agenda jelang pembukaan Pertemuan ke-5 Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT GT) Green Cities Mayor Council (GCMC) di Taman Gajah Mada Jalan Gajah Mada Medan, Senin (31/10). Ada 5 jenis pohon yang ditanam Wali Kota Medan Bobby Nasution beserta seluruh peserta IMT GT  sebagai simbolis mendukung terwujudnya kota hijau (Green Cities).


Ada pun kelima jenis tanaman pohon yang ditanam tersebut yakni Ketapang Kencana Varigata (Terminalia Mantaly), Kamboja Bali Tri Colour (Plumeria Rubra), Kamboja Bali Merah (Plumeria Bali Red), Kamboja Bali Putih (Plumeria Bali White) dan Bunga Kupu-kupu (Oxalis triangularis).

Penanaman pohon dilakukan di pinggir Taman Gajah Mada. Bobby Nasution menanam pohon Ketapang Kencana Varigata. Sebelum melakukan penanaman, orang nomor satu di Pemko Medan ini lebih dahulu mengorek lubang yang sudah disediakan karena dipenuhi tanah dan lumpur akibat hujan yang terjadi sejak Minggu (30/10) sore hingga malam.

Tampaknya, suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini sudah terbiasa dalam melakukan penanaman. Usai mendalamkan kembali lubang yang sudah tersedia tersebut, Bobby Nasution selanjutnya memasukkan bibit pohon Ketapang Kencana Varigata dan dilanjutkan dengan memasukkan kembali tanah yang tadi dikorek disertai dengan penyiraman.

Sedangkan, Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman juga menanam bibit pohon yang sama dengan Wali Kota Medan. Penanaman kelima bibit pohon ini juga dilakukan serentak oleh seluruh peserta IMT GT, di antaranya Wali Kota Ipoh, Malaysia Dato Rumaizi bin Baharin; Wali Kota Hatyai, Thailand Pol Lt Gen Sakom Thongmunee; Wali Kota Songkhla, Thailand Mr Saran Binphat; Wali Kota Yala, Thailand Mr Pongsak Yingchoncharoen serta sejumlah Wali Kota dari Sumatera diantaranya Pj Wali Kota Banda Aceh H Bakri Siddiq, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dan Pj Wali Kota Sabang Reza Pahlevi, termasuk unsur Forkopimda Kota Medan.

Sebelum penanaman bibit pohon dilakukan, Bobby Nasution beserta seluruh peserta IMT GT setibanya di Taman Gajah Mada usai bersepeda, selanjutnya sempat mengunjungi sejumlah stand yang memajang sejumlah produk berbahan sampah yakni Eco Enzyme Nusantara, Bank Sampah serta Rumah Briket. Setelah itu dilanjutkan dengan sarapan bersama serta ramah tamah. 

(k7 nell)

Share on Google Plus

About JurnalisTeamSergapIndonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar