Bobby Nasution Ingatkan Pimpinan OPD & Camat Harus Berani Memaafkan, Minta Maaf Serta Berterima Kasih



Sibolangit  ||   kompas7.id   || 

Ada dua poin penekanan yang disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam acara Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Pimpinan Perangkat Daerah di  Lingkungan Pemko Medan Tahun 2022 yang berlangsung di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit, Jumat (25/11) malam. Poin pertama harus berani memaafkan dan meminta maaf, sedangkan yang kedua harus dapat berterima kasih.

Sebelum menyampaikan penekanan kedua poin tersebut, Bobby Nasution dalam kegiatan yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan ini juga mengungkapkan,  sebelumnya telah menyampaikan kepada pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan dan Camat se-Kota Medan agar melaksanakan 4 poin penting yang harus dilakukan dalam menduduki suatu jabatan.

"Keempat poin itu yakni loyal kepada keluarga, loyal kepada masyarakat, loyal kepada pimpinan dan pintar. Malam ini saya tambah dua poin lagi yaitu harus berani memaafkan dan meminta maaf serta harus dapat berterima kasih," kata Bobby Nasution.

Dalam bekerja, tegas Bobby Nasution, pimpinan OPD dan Camat harus berani memaafkan dan minta maaf. "Kadang kita merasa sudah bekerja dan berbuat yang terbaik untuk Kota Medan, tapi kalau masih ada orang yang merasa kurang dan mengkritiknya, maafkan lah. Mungkin apa yang telah kita lakukan ini belum kena di hati mereka," ungkapnya.

Selain memaafkan, Bobby Nasution juga mengajak pimpinan OPD dan Camat untuk  berani meminta maaf karena belum sepenuhnya memenuhi keinginan tersebut. Yang pasti, ungkapnya, setiap kegiatan yang dilakukan membawa satu nilai kebaikan, itu sudah mencapai keberkahan sesuai visi yakni mewujudkan masyarakat yang berkah, maju dan kondusif.

"Tapi jika ada yang merasa apa yang kita lakukan ini belum membawa satu kebaikan, berarti visi kita belum tercapai. Jadi, ini menjadi PR kita untuk mewujudkan itu," ujarnya di hadapan Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK, Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad SIP MSi, Kajari Medan Wahyu Sabrudin SIP SH MH, Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat HS SIK MH, Kajari Belawan Nusirwan Syahrul SH MH dan Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman.

Selanjutnya poin yang kedua, jelas Bobby Nasution, pimpinan OPD dan Camat harus memiliki rasa terima kasih, terutama kepada siapa yang telah berjasa dan berbuat. "Rasa terima kasih itu perlu sebagai landasan kita berinovasi dan berkreasi guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Di penghujung arahannya, menantu Presiden Joko Widodo ini mengungkapkan, visi Medan yang berkah, maju dan kondusif tidak dapat dilakukan Pemko Medan sendiri tapi butuh bantuan dan kolaborasi dari seluruh unsur Forkopimda Kota Medan. "Mari kita bersama-sama mewujudkan visi Medan berkah, maju dan kondusif," harapnya.

Sebelumnya, Wali Wali Kota Medan H Aulia Rachman yang juga sebagai pemateri dalam acara tersebut mengungkapkan, dirinya dan Wali Kota merupakan orang baru di dalam tata pemerintahan di Pemko Medan. Meski demikian, tegasnya, jangan anggap tidak tahu menahu. Untuk itu semua OPD dan Camat harus sama-sama memahami dan fokus guna mewujudkan masyarakat Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif.

"Kita dapat lihat bersama apakah sudah berjalan dengan sempurna, sebab masih ada ditemukan ego sektoral di antara kita. Hilangkan itu dan mari kita duduk bersama untuk memecahkan permasalahan yang ada," ujar Aulia Rachman.

Selanjutnya, Aulia mengingatkan, pimpinan OPD dan Camat harus dapat memahami langkah apa yang dapat diambil guna mewujudkan visi misi Wali Kota. Kemudian melakukan inovasi dan mewujudkan Medan Satu Data. Sebab, data itu penting dalam mengambil langkah yang akan dilakukan, termasuk dalam mewujudkan Medan berkah, maju dan kondusif.

Terakhir, Aulia berpesan, pimpinan OPD dan Camat harus tahu dan memahami wilayah teritorial kerjanya masing-masing. "Selain itu bangun emosional dengan bawahan kita, sebab tidak sedikit mereka yang memiliki pengetahuan yang cukup baik. Tinggal kita buat formulanya dan sampaikan kepada Pak Wali Kota untuk ditindaklanjuti," pungkasnya.

Selain Aulia Rachman, Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad SIP MSi juga menjadi pemateri dalam kegiatan yang dihadiri seluruh pimpinan OPD dan Camat se-Kota Medan tersebut. Kepala BKDPSDM Kota Medan Sutan Tolang Lubis dalam laporannya menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk menajamkan potensi dan keterampilan persuasif baik secara individual maupun kolaboratif, guna memperkaya khasanah mindset para pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan.

"Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai 25-26 November 2022. Selain menghadirkan sejumlah narasumber untuk peningkatan kapasitas, kegiatan juga akan diisi dengan program outbound yang akan melatih kompetensi komunikasi dan pengembangan pribadi seluruh peserta," terang Sutan.

(k7 nell) 
Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar