Kebun Plasma Muara Opu Kecamatan Batang Toru Tapsel Oleh PTPN III (Persero) Akan Diwujudkan Dengan Masyarakat Melalui Koperasi


Medan  ||   kompas7.id   || 

Investasi perusahaaan perkebunan kelapa sawit yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Tapanuli Selatan tidak hanya untuk dinikmati para pelaku usaha, akan tetapi, keberadaan perusahaan perkebunan juga harus dinikmati masyarakat disekitarnya. Hal ini akan diwujudkan melalui program kebun plasma yang merupakan kemitraan perusahaan perkebunan dengan masyarakat melalui koperasi.

Demikian pula halnya dengan  rencana pembangunan kebun plasma Muara Opu Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan oleh PT. Perkebunan Nusantara III  (Persero) yang belum terbangun sejak tahun 2012  hingga sekarang. Pembangunannya akan segera dilaksanakan, Kata Jonni Silitonga, SH.,MH. Konsultan Hukum PT. Perkebunan Nusantara III (Persero), Selasa (22/11) di kantor Bupati Tapanuli Selatan, Sipirok, Sumatera Utara.

Jonni mengungkapkan alasan belum terbangunnya kebun plasma Muara Opu dari Tahun 2012 di Kabupaten Tapanuli Selatan hingga sekarang dikarenakan pencanangan lahan untuk lahan perkebunan plasma masyarakat Koperasi Sawit Sejahtera (KSS) yang semula dimuara Opu berpindah lahan di Desa Batu Horing.

Masalah lahan yang peruntukkan sebagai kebun plasma, kata Jonni, hari ini sudah  dibicarakan dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan, dan menindaklanjuti surat Bupati Tapanuli Selatan No. 525.26/4169/2017, tanggal 4 Juli 2017, perihal pencanangan lahan perkebunan plasma di Desa Batu Horing yang akan segera diproses.

Pemkab Tapanuli Selatan bersedia dan berkenan mengkoordinasikan serta "menstrukturisasi" koperasi Sawit Sejahtera yang memiliki legal standing mengikatkan diri dalam perjanjian dengan PTPN III untuk proses perkebunan plasma, kata Jonni Silitonga.

Pemkab Tapanuli Selatan melalui Asisten I, Zen Harahap menyambut baik kehadiran Konsultan Hukum PTPN III dan rombongan, Selasa (22/11/2022). 

Pihaknya akan menjadwal ulang pertemuan dengan pihak PTPN III (Persero) untuk melaksanakan pembangunan Perkebunan Plasma tahun 2023, ucap Zen.

Dikesempatan itu, Manager PTPN III Kebun Batang Toru, Asfian Nasution mengatakan  PTPN III tetap memiliki iktikad baik dan berkomitmen membangun perkebunan Plasma di Batang Toru. 

"Kami ingin keberadaan perusahaan perkebunan juga bisa dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya," kata Asfian. 

(k7 nell)

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 اÙ„تعÙ„يقات:

Posting Komentar