Raden Roro Sasmaya Hati, S.Psi, M.Psi, Peduli Akan Nasib Perempuan, Anak dan Kaum Marjinal

 

Foto : Raden Roro Sasmaya Hati, S.Psi, M.Psi (RR). 


Medan  ||   Perempuan harus kuat dan perempuan harus tangguh! Itulah sepantasnya yang melekat pada diri Raden Roro Sasmaya Hati, S.Psi, M.Psi. Wanita paroh baya, yang berkulit putih, semampai dengan rambut tergerai lurus panjang, terawat, dimana sehari-harinya yang akrab dipanggil RR, ternyata baru saja menyerahkan berkas pendaftaran dirinya ke DPW Partai Perindo, Jalan Cut Nyak Dien, No. 2 C, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Tingkat 1, Dapil 3 Deli Serdang. 

Dengan menggunakan seragam kemeja putih Perindo bergaris tipis berwarna merah pada tepi kemeja, ibu dua anak yang berprofesi sebagai Psikolog bidang Industri dan Organisasi Praktisi, HR (Human Resources) ini, juga aktifis di bidang Sosial dan Budaya, yang selalu gencar menyuarakan Hak Perempuan, Anak dan Kaum Marjinal. 

"Memang awalnya saya sama sekali tidak tertarik dengan dunia politik, karena dalam arti disini katanya politik itu kejam, tidak ada yang namanya teman dan tidak ada juga yang namanya musuh, yang ada hanya kepentingan, tapi karena ada beberapa faktor yang saya lihat di lapangan, hati saya pun terpanggil dan terdorong untuk membantu masyarakat pada umumnya dan perempuan/anak pada khususnya," bilangnya di kantor DPW Partai Perindo, belum lama ini. 

Untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, anak dan kaum marjinal, RR merasa hanya dengan memasuki dan duduk sebagai anggota legislatif lah, hal itu dapat diwujudkan, seperti, menolong dan mengupayakan hak-hak ibu, anak dan marjinal agar dapat layak dan sejahtera. 

"Dengan duduknya saya menjadi anggota DPRD Tingkat 1, harapan untuk kesitu itu, atau peluang untuk kesitu sangatlah besar, berbagai permasalahan tentang hak ibu dan anak dapat kita ajukan ke pemerintah agar pemerintah dapat menurunkan bantuannya melalui eksekutif," terangnya. 

Walaupun RR di periode yang lalu, tahun 2019, sudah mendaftarkan diri sebagai bacaleg, tetapi RR tetap semangat dan kembali mencalonkan diri di Partai yang sama, di dapil yang sama dan di visi misi yang sama juga, yakni membela hak perempuan, anak dan kaum marjinal. 

"Memasuki periode ini tahun 2024, saya sudah 2 kali mencalonkan diri di pemilihan legislatif DPRD Sumut dari dapil 3, namun kesempatan itu belum ada. Di kesempatan ini saya tetap berjuang, karena saya berkeinginan memfasilitasi mereka tentunya dengan terjun ke dunia politik supaya aspirasi serta kepentingan masyarakat itu bisa tersampaikan dan tersalurkan nantinya," pungkasnya. 

Dalam pencalonan saya sekarang ini, lanjutnya, visi dan misi yang saya usung masih tetap sama, yakni, memperjuangkan hak perempuan, anak dan kaum marjinal. Karena saya berprinsip kalau seorang Ibu atau perempuan yang bahagia dalam rumah tangganya atau kehidupan sehari-harinya itu akan menciptakan keluarga yang sejahtera. 

"Seorang ibu yang sehat secara mental, finansial, jasmani dan rohani, pokoknya kesehatan jiwa raga, sangat mendukung semua. Jadi fokusnya bagaimana kaum perempuan itu memiliki will being (kesejahteraan), juga memperjuangkan pendidikan kaum marjinal supaya mereka diberikan kesempatan untuk bersekolah, sesuai visi dan misi Partai Perindo "Untuk Indonesia Sejahtera". Jadi suara kaum perempuan dan marjinal merupakan bagian suara hati saya," tukasnya. 

Perempuan berkelahiran Tegal, 19 Januari 1982 ini, juga aktif sebagai Wakil Ketua Perbakin Garuda Sakti Shooting Club dan dosen Praktisi di bagian Psikologi, Universitas Medan Area.

"Latar belakang pendidikan saya, S1 Universitas Medan Area (UMA), Fakultas Psikologi, kemudian Magister Profesi S2, Universitas Sumatera Utara (USU), Jurusan Psikologi Industri dan Organisasi," ujarnya. 

Dengan hobby traveling dan memasak, RR kerap tour keliling Nusantara sambil menyelami masakan atau kuliner ditempat yang dikunjunginya, mencaritahu bahan-bahannya dan diterapkan dirumah sebagai makanan sehari-hari. 

"Jadi jika berkeliling Nusantara saya akan mencoba kuliner di suatu daerah kemudian saya adopsi untuk dimasak sendiri di rumah lalu saya kembangkan menjadi menu sehari-hari di rumah," paparnya. 

Disamping traveling dan kuliner, RR juga mengidolakan sosok seorang perempuan yang tangguh dan patut dijadikan contoh. Sosok perempuan idola RR itu, adalah seorang Politisi Perempuan bernama Mien Sugandhi,  "Saya sangat bersimpati dengan beliau yang menyuarakan tentang membela hak-hak perempuan juga salah satu perempuan inspiratif nan tangguh peletak fondasi kuat pembangunan pemberdayaan perempuan dan sempat menjadi Menteri Urusan Peranan Wanita," imbuhnya. 

Dalam bersosialisasi, yang terjun langsung ke lapangan, RR ternyata sangat senang, karena dapat bertatap muka langsung dengan masyarakat, ibu-ibu, anak-anak dan kaum marjinal. 

"Dengan rasa antusias mereka menyampaikan permasalahan mereka terkait hak-hak mereka yang tidak tersampaikan dan tidak terpenuhi, wujud sebagai aspirasi mereka, dan itulah letak keprihatinan saya dan kebahagiaan buat saya adalah dapat bertemu langsung dengan mereka dan hati saya semakin terus menyuarakan hal itu," tuturnya. 

Bagaimana cara membuka lapangan pekerjaan atau peluang-peluang usaha, terutama di dalam industri rumahan dan mereka difasilitasi supaya mereka bisa berkarya sendiri. Apa lagi sekarang pasca Covid-19 itu perekonomian belum pulih betul usaha industri rumahan. 

"Jadi mereka berharap ada keterwakilan dari perempuan supaya dapat menyampaikan aspirasi kemudian mensupport usaha rumahan mereka," ujarnya. 

Kalau bicara strategi Pencalonan, pastinya setiap calon memiliki strategi. Kalau saya dengan sebelumnya dan sekarang tidak jauh beda. Kalau saya lebih banyak melakukan pendekatan secara personal, karena kalau hanya mengandalkan uang saja, itu tidak cukup jika kita tidak dicintai. Jadi bagaimana supaya dicintai dan dikenang masyarakat, sebagai orang yang bisa membantu mereka setidaknya bisa mewakili suara mereka, dan kita harus bisa merangkul mereka dengan pendekatan secara kekeluargaan. 

"Merangkul mereka, merupakan strategi saya, kemudian bagaimana mendengarkan keluh kesah dari masyarakat supaya menjadikan poin-poin yang harus kita siapkan untuk diperjuangkan. Dan Suara yang dibutuhkan untuk lebih aman lagi berkisar 20 ribu," tutupnya. 

Kemudian, di kesempatan yang sama, Ketua DPW Partai Perindo Sumut, Rudi Zulham Hasibuan mengatakan, "Pertama saya sangat bersyukur dan mendukung sebagai Ketua DPW Partai Perindo kepada seluruh pengurus DPW Sumut maju sebagai bakal calon legislatif di pemilu 2024 yang akan datang," ujar Rudi.

Tugas suatu Partai adalah memenangkan partainya dalam kontestan Pemilu tahun 2024 mendatang, baik itu pengurus, kader dan bakal calon legislatif, berjuang bersama-sama memenangkan Partai Perindo agar perwakilan Perindo di legislatif memenuhi harapan dan target. 

"Tujuan kita harus memenangkan partai, makanya saya sangat apresiasi salah satunya adalah Dinda RR maju sebagai bakal calon DPRD Sumut dari dapil 3, Deli Serdang," jelasnya.

Peluang Partai Perindo meraih suara di periode ini, cukup besar. Apalagi dapil yang merupakan potensi untuk meraih kursi adalah salah satunya Kabupaten Deli Serdang. 

"Seperti tadi kita melihat adinda RR yang sudah mendaftar, dan berkas telah dicek lengkap semuanya, dan kita yakin adinda RR akan sukses di 2024 yang akan datang, apa lagi di Sumut dapil 3 banyak bakal calonnya, ada berkisar sampai 12 kursi, berarti besar peluang buat partai Perindo," ucap Rudi mengakhiri. 


[k7 nell]

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar