Berkat Komsos dan Binter Babinsa, Pangdam I/BB : Bandar dan Pengedar Narkoba Berhasil Ditangkapi Intel TNI AD

Foto : Melalui Komsos, Babinsa jajaran Kodim 0209/LB, Korem 022/Pantai Timur, Kodam I/BB, membangun Binter wujudkan Kemanunggalan TNI dan Masyarakat diwilayah teritorial atas maraknya peredaran Narkoba di kab. Labuhanbatu Raya (Labusel, Labura dan Labuhanbatu Induk). 


Medan  ||   Komunikasi sosial (Komsos) yang selama ini dilakukan para Babinsa jajaran Kodim 0209/ Labuhanbatu, Korem 022/Pantai Timur, Kodam I Bukit Barisan, ternyata bena-benar membangun pembinaan teritorial (Binter) sehingga mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Masyarakat. 

"Dari hasil Komsos dan Binter tersebut akhirnya para Babinsa bisa mengatasi kesulitan dan kesusahan masyarakat. Seperti diwilayah teritorial Kodim 0209/LB, sejumlah kalangan dan warga masyarakat resah dengan maraknya peredaran Narkoba diwilayah kabupaten Labuhanbatu Raya (Labusel, Labura dan Labuhanbatu Induk)," ujar Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardien.SE.M.S.i melalui Kapendam I/BB Kol Inf Rico J Siagian, Jum'at 14 April 2023.

Menindaklanjuti keluhan warga masyarakat, masih kata Pangdam melalui Kapendam, Babinsa pun langsung meneruskan ke pimpinannya, Danramil dan Dandim. Setelah melakukan pengintaian dan Pulbaket selanjutnya Unit Intel Kodim 0209/LB bergerak cepat melakukan penangkapan terhadap para terduga pengedar dan bandar Narkoba.

"Ini bukti nyata bahwa TNI AD mendukung pemerintah dalam memerangi Narkoba guna menyelamatkan generasi bangsa Indonesia," tegas Pangdam.

Sebagaimana diketahui, lanjutnya, Tim Unit Intel Kodim 0209/LB, dalam kurun waktu tiga pekan selama bulan Ramadhan berhasil menggerebek lokasi peredaran Narkoba di Lima lokasi di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Raya.

"Terakhir ini, Babinsa wilayah jajaran Kodim 0209/Labuhanbatu, Serka Asrol Adam Siregar, Babinsa Koramil 08/Rantauprapat Kodim 0209/Labuhanbatu, menerima informasi bahwa di salah satu Dusun di Kecamatan Bilah Barat, tepatnya di Dusun Barnung Desa Janji marak peredaran narkoba," imbuhnya. 

Atas laporan masyarakat, lanjutnya kemudian, kepada Babinsa bersama warga inisial Irf melaporkan ke Timsus Unit Intel Kodim 0209/Labuhanbatu dan saat itu juga Timsus melakukan penyelidikan sampai beberapa hari ke lapangan.

"Tepatnya hari Kamis, sekira pukul 15.00 wib, Timsus Unit Intelijen Kodim 0209/Labuhanbatu berhasil mengamankan dan menciduk terduga pengedar Narkoba inisial KAS, (44 thn) alias IR, namun diduga tetap jaringan DD dari Ujung Bandar Rantauprapat," ucapnya. (hasil interogasi singkat).

Sementara, salah satu anggota Timsus Unit Intel Kodim 0209/Labuhanbatu, mengatakan bahwa, disaat penangkapan terduga pelaku, sempat hendak melarikan diri. 

"Alhamdulillah, walaupun sempat hendak melarikan diri, dapat kita lakukan penindakan dan langsung kita amankan terduga pelaku bernama inisial KAS, dan terduga pelaku itu pun mengakui itu Narkoba jenis Sabu adalah barang miliknya," ungkapnya. 

Dandim 0209/Labuhanbatu, Letkol Inf Faizal Rangkuti, SIP, MIP, melalui Pasi Intel Kodim 0209/Labuhanbatu membenarkan penangkapan tersebut di wilayah Desa Janji Kabupaten Labuhanbatu.

"Timsus Unit Intelijen Kodim 0209/Labuhanbatu, dipimpin langsung Katim telah mengamankan warga Dusun Barnung, sore kemarin," ucapnya kepada media.

Kapten Inf Guntur Wibowo, S.Sos. pun menambahkan, bahwa dari terduga pelaku berhasil diamankan dan disita barangbukti berupa empat bungkus plastik klip bening, yang sudah siap edar. 

"Terduga pelaku pun, langsung kita limpahkan ke Satnarkoba Polres Labuhanbatu. Dan dari hasil interogasi terhadap pelaku pengedar narkoba ini, sudah menjalankan bisnis jual Narkotika jenis Sabu sekitar 7 bulan, dari pertengahan tahun 2022 sampai dengan sekarang dengan keuntungan penjualan ± Rp.20.000.000,-," tutup Pasi Intel Kodim 0209/Labuhanbatu. 

Dilokasi yang sama, Kepala Desa (Kades) Janji, Muhammad Nazir Hasibuan ST, yang didampingi oleh Kadus Dusun Barnung Irfan Pohan serta Babinsa setempat, mengucapkan terimakasih kepada Bapak TNI dalam hal ini Bapak Dandim 0209/Labuhanbatu.

"Atas nama masyarakat Desa Janji kami mengucapkan terimakasih sebesar- besarnya kepada Bapak TNI dan bapak Dandim 0209/ Labuhanbatu, merespon cepat laporan kami dan melakukan penangkapan kepada salah satu warga kami yang terkait Narkoba," ucap Kades Janji.

Kades Desa Janji, Muhammad Nazir ini juga menambahkan, bahwa memang sudah sangat meresahkan bagi warga kami, maraknya penjualan narkoba di desa kami. 

"Semoga di Dusun Barnung ini, tidak ada lagi aktifitas pemakai dan penjual narkoba, ataupun bahkan bandar narkoba, janganlah ada,pungkasnya.


[k7 nell]

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar