TNI-Polri Sinergi Antisipasi Segala Ancaman KTT 43 ASEAN

Foto : Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, menerima paparan akhir Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, SE, MM, MSc, mengenai Pengamanan KTT ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023, bertempat di Mabes TNI, Jakarta Timur, Baru-baru ini. 


Jakarta  ||  Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menerima paparan akhir Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., mengenai Pengamanan KTT ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023. Bertempat di Mabes TNI, Jakarta Timur, Baru-baru ini. 

Kogabwilhan I Selaku Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP menyelenggarakan Operasi Pengamanan (Pam) VVIP terhadap Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan dalam kegiatan Pengamanan VVIP KTT Ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023. Pengamanan tersebut akan dilaksanakan selama sembilan hari, mulai tanggal  1-9 September  2023 di wilayah Jakarta.

KTT ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023 selain melibatkan  TNI dan Polri sebagai Kogasgab Pam VVIP dan Satgas Pengamana Wilayah (Pamwil), juga melibatkan kementerian/lembaga terkait dan Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan pemerintah pusat, diantaranya memperbaiki sejumlah ruas jalan di ibu kota dan memastikan kesiapan fasilitas umum. 

Pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN ini bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Sejumlah Satuan Tugas TNI dan Polri untuk pengamanan telah dibentuk untuk mendukung dan menyukseskan KTT Ke-43 ASEAN. Untuk pengamanannya terdapat pengamanan ring 1 Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden), kemudian ring 2, ring 3 oleh pasukan kewilayahan. 

Pada paparan kesiapan akhir yang dihadiri oleh unsur Polri dan Lembaga terkait ini, panglima TNI menyampaikan pesan kepada Komandan Satuan Tugas TNI dan Polri, untuk mempersiapkan dengan baik dan koordinasi melekat antar Satgas sehingga kegiatan Pam VVIP dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Semua Satuan Tugas Pengamanan dari sekarang sudah harus bekerja untuk mengantisipasi berbagai macam ancaman yang mungkin terjadi, antisipasi karena ini tidak hanya negara ASEAN saja yang hadir, melainkan Oganisasi Internasional sehingga kita perlu antisipasi baik ancaman dari luar maupun dari dalam,” ujar Panglima TNI.

Pada kesempatan tersebut panglima TNI juga menyampaikan bahwa pada tanggal 1 September 2023 akan diadakan apel gelar pasukan Pengamanan VVIP di Monas, untuk mengetahui kesiapan personel maupun Alutista yang digunakan sehingga kegiatan KTT dapat berjalan dengan aman dan lancar, sekaligus akan meninjau tempat-tempat dilaksanakannya pengamanan KTT ke-43 ASEAN.


[k7 nell]

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar