Pangdam I/BB, Mayjen TNI A. Daniel Chardin, SE, MSi : Apresiasi Kinerja Intel Kodim 0209/LB Tangkap Pelaku Narkotika Jenis Sabu

Foto : Kedua terduga pelaku pengedaran Narkoba jenis Sabu langsung dibawa oleh Tim Unit Intel Kodim 0209/LB  dan Tim Babinsa Koramil 11/KP, ke kantor Unit Intel Kodim 0209/LB. 



Medan  ||   Pangdam I/BB, Mayjen TNI A. Daniel Chardin, SE, MSi, bangga dan mengapresiasi kinerja Personil Unit Intel Kodim 0209/LB yang berhasil menangkap pelaku tindak pidana peredaran Narkotika jenis Sabu di wilayah Labuhanbatu Selatan, pada Pukul 17.28 WIB, Rabu sore 12 April 2023. 

"Teruslah tingkatkan kinerja yang baik, buatlah kita bangga atas prestasi yang dilakukan sebagai prajurit di kesatuan TNI khususnya TNI-AD, Saya mengapresiasi capaian yang dilakukan Personil Unit Intel Kodim 0209/LB," pungkas Pangdam I/BB yang diwakili oleh Kasdam I/BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi, SE, SIP yang didampingi oleh Kapendam I/BB, Kolonel Inf. Rico Julyanto Siagian, S.Sos.

Kasdam I/BB, Rifky Nawawi dalam hal ini mengatakan bahwa perihal penangkapan tersebut ialah berdasarkan adanya pengaduan masyarakat setempat yang merasa resah dengan maraknya peredaran Narkotika jenis Sabu di wilayah lingkungannya dan apabila ini tidak dilaporkan, akan berimbas kepada anak remaja yang masih duduk di bangku sekolah. 

"Dari hasil laporan yang diinformasikan warga Desa Binanga Dua, Kecamatan Silangkitang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan tersebut, Dansub Unit Inteldim 0209/LB memerintahkan anggota Unit Intel Kodim 0209/LB wilayah Labusel untuk melakukan penyelidikan dan juga briefing bersama Babinsa Koramil 11/KP, Serma Ari Pranata untuk menyusun pembagian tugas dan dilanjutkan bergerak menuju lokasi dengan menggunakan roda 4 dan roda dua," ujarnya. 

Tim Unit Intel Kodim 0209/LB   dan Tim Babinsa Koramil 11/KP, masih kata Kasdam, terjun langsung ke TKP, namun setiba di dekat lokasi, kedua tim tersebut melakukan pemantauan terlebih dahulu terhadap sasaran yang dituju sebelum benar benar dikuasai. Kemudian target terlihat sedang duduk-duduk di gubuk, selanjutnya Tim lansung mengamankan terduga Sur dan DS di lokasi, namun seorang lagi terduga berhasil melarikan diri. 

"Kedua terduga pelaku tindak pidana Narkotika jenis Sabu itu langsung diamankan dan dibawa ke kantor Unit Intel Kodim 0209/LB untuk dimintai keterangan singkat dari dua terduga tersebut," tukasnya. 

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan di lokasi, lanjutnya, 14 paket Sabu dalam plastik klip bening dengan berat 7,61 gram paket kecil (Bruto), Uang Rp.11.235.000, -, KTP an Sur (Petani Sawit), HP 4 buah berbagai merk, Bong 3 buah, Dompet 1 buah, ATM BNI 1 buah, Pipet skop 4 buah, Kaca pirex 1 buah, Pipet alat hisap 3 buah, STNK 2 buah, 1 Unit Honda CBR BB 4655 KJ, 1 Unit Yamaha Vixion BK 3869 YAP, Mancis 6 buah, Timbangan elektrik mini 1 buah, Sepeda motor 4 unit, Tas sandang warna hitam 1 buah, Kalung mirip emas 1 buah dan 1 buah kantong plastik. 

"Dan dari hasil keterangan singkat Sur alias Ratem itu, bahwa bisnis haramnya dilakukan sejak Januari 2023, yang mana barang tersebut didapat dari Enj, warga Rantauprapat yang dikenalkan oleh Bud, saat konsumsi narkoba di Kelurahan Padang Bulan, Rantauprapat. Pada tanggal 2 April 2023 Sur menerima 20 gr Sabu di Kp. Dalam Sigambal dari orang yang tidak dikenal dengan menggunakan SPM R2 jenis N Max untuk diedarkan di wilayah Desa Binanga Dua, Kecamatan Silangkitang, Kabupaten Labusel dengan paket dari mulai Rp.100.000,- sd Rp.200.000,- yang diambil tanpa modal, setelah terjual baru setor ke Enj seharga Rp.13 juta dengan keuntungan yang dihasilkan Rp.2 juta," paparnya. 

Selanjutnya Kasdam I/BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi, SE, SIP yang didampingi oleh Kapendam I/BB, Kolonel Inf. Rico Julyanto Siagian, S.Sos, mewakili Pangdam I/BB, Mayjen TNI A. Daniel Chardin, SE, M.Si memerintahkan Dandim 0209/LB untuk mendorong pihak Polres dan BNN Kabupaten Labuhanbatu untuk segera memberantas peredaran Narkoba di lingkungan masyarakat yang sudah menjamur sampai ke pelosok desa, mengingat wilayah Kabupaten Labuhanbatu tidak termasuk jalur tikus masuknya barang ilegal dari negara tetangga sehingga, diduga besar kemungkinan barang Narkoba yang diedarkan tersebut diperoleh dari Narapidana yang mengendalikan didalam Lapas. 

Kemudian memonitor perkembangan situasi di wilayah dengan tetap berkoordinasi kepada instansi terkait guna mewujudkan stabilitas keamanan wilayah (Kamtbmas). 

"Kita sangat respek terhadap besarnya animo atau kepercayaan masyarakat terhadap Anggota TNI khususnya TNI-AD, hal tersebut dapat dilihat dari informasi yang diperoleh dari warga, langsung disampaikan kepada personel Kodim 0209/LB," tutupnya. 



[k7 nell]

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar