Pemkot Medan Dukung Pembangunan Jalur Layang KA Medan-Binjai

Medan||Kompas7.id||  Wali Kota Medan, M. Bobby Afif Nasution, mengapresiasi pembangunan jalur layang Kereta Api (KA) Medan-Binjai yang di lakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI.

“Pemkot Medan mendukung penuh pengembangan transportasi massal ini,” kata Bobby Nasution, Rabu (15/6/2022).

Hal itu disampakannya saat pemberian santunan kepada masyarakat terkena dampak pembangunan jalur layang Kereta Api (KA) lintas Medan-Binjai di Jalan Setia Luhur, Kelurahan Dwi Kora, Kecamatan Medan Helvetia.

Apalagi, kata Bobby, lahan kosong bersebelahan dengan Masjid Al-Ikhlas di akan dibangun Stasiun Helvetia yang di perkirakan selesai tahun 2024.

“Kadis Perhubungan agar dapat melihat perkiraan jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Helvetia. Apa perlu di lakukan penambahan kapasitas jalan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan arus lalu lintas,” katanya.
 
Bobby juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kelurahan Dwi Kora yang telah mendukung Pemerintah Pusat dengan memberikan lahannya untuk pembangunan jalur layang KA Medan-Binjai.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumbagut, Dandun Prakosa, menjelaskan pemberian santunan merupakan rangkaian kegiatan awal pembangunan jalur layang KA Medan-Binjai. “Kami harapkan pembangunannya dapat di selesaikan tahun 2024,” kata Dandun.

Dalam mendukung pembangunan jalur layang itu, kata Dandun, pihaknya akan membangun dua stasiun baru, yakni Stasiun Helvetia dan Stasiun Sunggal. “Kedua stasiun itu merupakan sarana penunjang untuk mendukung pembangunan transportasi perkotaan di wilayah Kota Medan,” katanya.

Pemberian santunan kepada 302 warga Dwi Kora berjalan lancar. Prosesi pemberian santunan di saksikan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumbagut, Deputi Divre 1 PT KAI Sumut, Kadishub Kota Medan, para Camat, Kapolsek Helvetia serta Danramil 06 Medan Sunggal.

Di ketahui, ada sekitar 1.226 bangunan terdampak pembangunan jalur layang KA Medan-Binjai. Di Kelurahan Dwi Kora, sebanyak 302 orang menerima santunan.

Sebelumnya, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara telah memberikan santunan kepada masyarakat Kelurahan Silalas, Kelurahan Sekip dan Kelurahan Sei Agul yang juga terdampak pembangunan jalur layang KA itu. (K7 Nell)
Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 اÙ„تعÙ„يقات:

Posting Komentar