Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Mengapresiasi Sumut Tuan Rumah Perhelatan Balap Powerboat Akbar


Foto : Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendampingi Presiden RI Joko Widodo menonton balapan F1 PowerBoat (F1H2O) di Tribun VVIP, Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba. 

 


Sumut  ||   Sekitar puluhan ribu orang tumpah ke Balige, Kabupaten Toba. Masyarakat yang datang dari berbagai daerah di tanah air dan luar negeri itu menonton balapan F1H20 atau F1 Powerboat Danau Toba.

 

Puluhan ribu orang itu memadati kawasan venue utama F1H20 dan lokasi-lokasi menonton yang dikelola masyarakat lokal di Lumban Silintong, Balige. Tampak antusias pengunjung atau masyarakat yang begitu besar pada puncak balapan. Ada yang duduk di atap rumah, bibir danau, bahkan ada yang memanjat pegangan jembatan.

 

Suasana semakin terasa meriah dengan kehadiran Presiden Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menonton F1 Powerboat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan rombongan para menteri, di Tribun VVIP, Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Minggu (26/2).

 

Presiden Jokowi juga merasakan keseruan balapan F1H2O tersebut. Jokowi mengaku balapan tersebut sangatlah seru. Ia pun baru pertama kali menonton F1 Powerboat.

 

"Kita harapkan event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah, Danau Toba ada F1 Powerboat, di Mandalika ada Moto GP, Jakarta ada Formula E, ini akan memicu peningkatan ekonomi di daerah, sangat bagus sekali," kata Jokowi.

 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi  mengungkapkan apresiasinya, lantaran terpilihnya Sumut menjadi tuan rumah perhelatan balap powerboat akbar tersebut. Edy pun mengungkap dampak perhelatan akbar tersebut dirasakan masyarakat banyak.

 

"Ini pastinya memberikan efek positif pada perekonomian masyarakat di sini," kata Edy Rahmayadi yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, usai menonton F1H20 tersebut.

 

Ia mengharapkan perhelatan akbar dapat terus diadakan di Danau Toba. "Karena memang terasa betul dampaknya, ini (event) yang kita butuhkan," kata Edy.

 

Antusias Masyarakat

 

Sementara itu, antusias masyarakat sangat terasa. Berbagai cara pun dilakukan agar bisa menonton dan merasakan langsung para pembalap F1H2O beraksi.

 

Ahmad Ismail, yang datang dari Kota Medan pun merasakan keseruan balapan ini. Ia pun senang dengan keramaian yang dirasakannya. Padahal Ismail menonton dari pinggir jalan saja tanpa duduk.

 

Ia merasakan keseruan menonton seperti menonton bola. Sewaktu ada yang pebalap yang menyalip pebalap lain, para penonton bersorak riuh.

 

"Seperti pasar rakyat ramainya, belum lagi menonton balapan ini seru ya, kayak nobar bola, bisa bersorak, semoga ada terus di sini lah," kata Ismail di Lumban Silintong, Balige.

 

Robby warga Balige pun merasakan suasana yang berbeda dari biasanya. Sebelumnya Ia tidak pernah membayangkan Balige bisa menjadi tuan rumah ajang internasional itu.

 

"Tidak pernah terbayang ya, kota ini jadi ramai sekali, tadi pun susah jalan karena ramainya orang menonton," ujar Robby.

 

Sementara itu, Bartek Marszalek, juara F1H2O Toba juga sangat menikmati balapan di Danau Toba itu. Dalam keterangan di laman resmi F1H20, Marszalek mengatakan antusias masyarakat di pinggiran danau sangatlah besar.

 

"Kami memiliki banyak penonton di sekitaran tepi danau. Begitu banyak senyuman yang memberikanku kekuatan ekstra, sehingga aku merasa jauh lebih baik dibalik kemudi kapal," kata Marszalek, yang berasal dari Polandia.

 

Turut menonton bersama Presiden dan Edy Rahmayadi, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, para menteri, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Forkopimda Sumut. 



[k7 nell



 




Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar