Kodam I/BB Gagas Kerja Sama Ketahanan Pangan Seluas 500 Ha di Simalungun




Simalungun  ||   Kodam I/BB menggagas kerja sama ketahanan pangan seluas 500 Ha di Nagori Sitahoan, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (27/2/2023).

Kerja sama ini dilakukan Kodam I/BB melalui Korem 022/PT dengan para Bupati dan Wali Kota serta unsur Forkopimda sewilayah Korem 022/PT, Lapas Klas IIA Pematangsiantar, Fakultas Pertanian Universitas Simalungun, PT Tunas Bangsa, PT Bonar Jaya, dan PT Lembah Damai Nauli.

Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi, dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia dan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan memfasilitasi untuk terselenggaranya kerja sama ini.

"Kegiatan ketahanan pangan ini adalah bentuk kepedulian dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat, di mana hasilnya nanti akan disalurkan kepada masyarakat, sehingga membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri," ucap Pangdam.

Dari 500 Ha lahan ketahanan pangan ini, seluas 200 Ha sudah ditanami jagung, sorgum, tomat, wortel dan cabe. Sisanya 300 Ha lagi sedang dalam proses penyiapan. 

Pangdam berharap, dari kerja sama ini, maka target tanam, panen, dan produktivitas yang telah ditetapkan bisa dilaksanakan dengan pembinaan dan pengawalan kepada para kelompok petani yang ikut dilibatkan. 

"Salah satu kelompok tani (koptan) itu adalah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIA Pematangsiantar. Mereka akan bebas sebentar lagi, sehingga dengan cara ini mereka akan memiliki kemampuan/bekal untuk mengabdi di tengah-tengah masyarakat," pungkas Pangdam.

Hadir di acara, Danrem 022/PT, Kolonel Inf Luqman Arief, SIP, para Bupati/Walikota dan unsur Forkopimda sewilayah Korem 022/PT, para pimpinan BUMN/BUMD dan perusahaan lainnya, Rektor FK Universitas Simalungun, Kalapas Klas IIA Pematangsiantar, para PJU Kodam I/BB dan Korem 022/PT, serta para Dansat sewilayah Korem 022/PT.


[k7 nell]

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar