deskripsi gambar

Demi Kenyamanan Investor, PT KINRA Tindaklanjuti Peristiwa Hukum yang Terjadi


Simalungun || Kompas7.id || 


Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei merupakan salah satu dari 18 kawasan industri di Indonesia. Kawasan Industri pertama ini terletak di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang difokuskan untuk menjadi pusat pengembangan industri berskala besar dan berkualitas internasional. 


PT Kawasan Industri Nusantara (PT KINRA) selaku pengelola Kawasan industri ini menjalankan kegiatan usaha terkait Pengelolaan, dan Pemasaran Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei.


Dalam menjalankan kegiatan usahanya banyak hal yang dihadapi oleh PT KINRA, salah satunya dalam kurun waktu 2 bulan yang lalu telah terjadi beberapa peristiwa hukum di KEK SEI Mangkei. 


Diketahui, kejadian pertama tanggal 10 Agustus 2022 terjadi perusakan dan pencurian kabel Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa (PLTBS), kejadian kedua tanggal 25 Agustus 2022 yakni perusakan dan pencurian Support pipa, yang berdampak pemompaan dan transfer CPO dan CPKO dapat terganggu. 


Dan yang terakhir pada tanggal 10 September 2022 terjadi pengrusakan dan pencurian 

pagar BRC di gerbang utara KEK Sei Mangkei.

Dari kejadian-kejadian tersebut PT KINRA mengalami kerugian hingga ratusan juta 

rupiah.


Nah, untuk menindaklanjuti kejadian tersebut PT KINRA saat ini telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI dalam meningkatkan keamanan di wilayah KEK Sei Mangkei. Hal ini terbukti dengan tertangkapnya para pelaku peristiwa hukum tersebut, dan selanjutnya diserahkan ke kepolisian untuk diproses secara 

hukum.


Revondy selaku Manajer Corporate Secretary PT KINRA menyampaikan, PT KINRA dituntut untuk menjaga keamanan KEK Sei Mangkei guna menyakinkan investor baik dalam negeri maupun luar negeri yang telah menggelontorkan dana 

investasi ratusan miliar rupiah. 


"PT KINRA berkewajiban menjamin kekondusifan dan kenyamanan bagi para investor guna menciptakan iklim investasi yang baik. Demi rasa aman investor yang berinvestasi di KEK Sei Mangkei, dan untuk menarik investor-investor lain untuk berinvestasi di KEK Sei Mangkei, PT KINRA segera menindaklanjuti kasus perusakan dan pencurian yang sedang marak terjadi, sehingga dilakukan penelusuran atas kasus pencurian tersebut, yang selanjutnya kita serahkan ke pihak yang berwajib," katanya dalam keterangan tertulis, Senin, 10 Oktober 2022.


Lanjut dikatakannya, terkait dengan adanya pemberitaan penculikan oleh oknum PT KINRA yang beredar, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa tindakan yang dilakukan PT KINRA telah sesuai dengan mekanisme penyelamatan aset negara milik PTPN III (Persero) yang dikelola oleh PT KINRA.


"Dan masalah tersebut telah diselesaikan secara hukum dengan para pihak melalui proses Restorative Justice sesuai Berita Acara Mediasi (Restorative Justice) tertanggal 17 September 2022 di Polsek Bosar Maligas," pungkasnya. 


(k7/nel)

Share on Google Plus

About JurnalisTeamSergapIndonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar