Dhiyaul : Normalisasikan Sistem Drainase, Sungai & Fungsikan Kanal


Medan  ||   kompas7.id   || 

Anggota DPRD Kota Medan Dhiyaul Hyati, meminta Normalisasikan Sistem Drainase sungai & fungsikan kanal, hujan pada hari Jumat malam (18/11/22) banjir Kota Medan akibat hujan turun sore sampai malam.  

Sejumlah ruas jalan tergenang dengan debit air mencapai 50 cm lebih yang mengakibatkan banyak kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat mengalami mesin mati alias mogok. Tingginya curah hujan juga mengakibatkan sungai meluap sehingga air memasuki rumah warga. 

Amatan wartawan, kondisi banjir ini didapati di Jalan Perjuangan Sunggal, Gatot Subroto, Setia Budi, Dr Mansyur, Jamin Ginting, Kuala Bekala Medan Johor, Komplek Tasbi 2, Aksara, Kampung Aur, Sukaramai, Mandala, Jalan Mistar,  Panglima Denai, Jalan Air Bersih dan masih banyak lagi.  

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Medan Dhiyaul Hayati menilai banjir yang masih terjadi di Kota Medan karena luapan sungai yang tak mampu menampung debit air dan sistem drainase yang belum memadai serta masih banyak jalan-jalan dan gang tidak memiliki parit.  

Selain itu juga, drainase di jalan provinsi diduga bermasalah dan tumpat. 

"Kita lihat sejumlah jalan provinsi sampai saat ini masih juga tergenang. Itu artinya drainasenya tumpat. Seperti di Jalan Flamboyan dan Sakura Raya. Jalanan di sana tergenang, bahkan masuk ke rumah warga. Karena itu Pemko Medan butuh berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan pusat," kata Dhiyaul Hayati, Sabtu (19/11/2022).  

Politisi PKS ini juga meminta agar Balai Wilayah Sungai (BWS) segera melakukan normalisasi sungai-sungai yang melintas di Kota Medan. 

"BWS harus segera melakukan normalisasi sungai, karena sungai-sungai sudah dangkal sehingga meluap dan tak mampu menampung debit air," ungkapnya lagi.  

Tak hanya itu, Dhiyaul juga mengingatkan kembali keberadaan kanal pengendali banjir yang berada di kawasan Titi Kuning. Kanal itu dibangun sebagai upaya mengantisipasi banjir kiriman hulu Sungai Deli.  

"Kanal yang dibangun dengan biaya mahal itu harus segera difungsikan. Jika difungsikan, air kiriman dari gunung bisa tertampung di kanal dan tidak langsung masuk ke sungai yang mengalir di seputaran Kota Medan,"tukasnya lagi.  

Legislator asal Dapil 5 ini mengharapkan permasalahan banjir di Kota Medan segera teratasi dengan adanya kolaborasi  Pemko Medan bersama pemerintah provinsi dan pusat.  

"Upaya pengorekan drainase takkan cukup jika normalisasi sungai tak segera dilakukan untuk mengatasi banjir. Semua pihak yang terkait harus saling kerjasama," katanya. 

Dhiyaul juga meminta agar Dinas Sosial Kota Medan segera membuka dapur umum untuk korban banjir. 

"Saat ini ada puluhan warga yang mengungsi ke mesjid maupun posko karena rumah mereka kebanjiran. Kami harapkan dinas sosial segera membuka dapur umum untuk membantu korban banjir," pintanya.

(k7 nell)

Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 اÙ„تعÙ„يقات:

Posting Komentar