42 Wartawan Ikuti UKW, Bobby Nasution: Pemko Medan Butuh Peran Serta Wartawan Sampaikan Informasi




Medan  ||   kompas7.id   || 

Peran wartawan sebagai penyambung komunikasi yang positif antara pemerintah dan masyarakat sangat penting. Termasuk, membantu menyampaikan informasi kebijakan dan program-program pembangunan  yang dilakukan sehingga dapat diterima masyarakat secara jelas. Sebab, apa yang pemerintah lakukan tidak bisa langsung tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan peran serta dari para wartawan untuk menyampaikan informasi tersebut.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan hal ini saat membuka Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 46 Tahun 2022 yang diselenggarakan `Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan bekerjasama dengan Pemko Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan di Hotel Madani  Jalan Sisingamangaraja Medan, Selasa (15/11).

Dikatakan Bobby Nasution, Pemerintah hanya membuat suatu kebijakan dan peraturan, sedangkan yang akan menjalankan adalah seluruh masyarakat. Oleh karenanya, ungkapnya, bagaimana kemampuan Pemerintah Daerah dalam menyampaikan pesan dan program kebijakan agar sampai kepada masyarakat dengan baik.

“Maka dari itu, kami (Pemko Medan) memerlukan peran serta dari para wartawan agar dapat berkolaborasi untuk menyampaikan program yang sedang dan akan dilakukan Pemko Medan ke depannya agar dapat diketahui masyarakat," kata Bobby Nasution.

Dihadapan Dedi Syahputra mewakili Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, Wakil Ketua DPRD Kota Medan Rajuddin Sagala, Kadis Kominfo Kota Medan Arrahmaan Pane, Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan Syaifullah, seluruh pengurus Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan serta para penguji UKW, Bobby Nasution berharap seluruh peserta dapat lulus dengan hasil yang terbaik.

"Semakin banyak wartawan yang lulus UKW tentunya diharapkan dapat semakin berkualitas dalam menyampaikan informasi dan pesan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang disampaikan dengan baik,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik menyampaikan apresiasi kepada Pemko Medan dan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan yang telah menyelenggarakan UKW tersebut. Apalagi, imbuhnya, hal ini  sesuai dengan salah satu visi misi PWI yang ingin menjadikan wartawan yang berkompeten. Guna mewujudkan tercapainya wartawan yang berkompeten, jelasnya, tentunya harus terlebih dahulu diuji melalui UKW ini.

"Semoga melalui UKW ini dapat melahirkan wartawan yang tidak hanya berkompeten, tetapi juga profesional, berkualitas dan beretika. Selain mengadakan UKW, tahun depan nantinya PWI juga akan mengadakan pelatihan dan workshop kepada seluruh wartawan. Hal ini dilakukan agar dapat memperkuat kemampuan para wartawan," jelas Farianda.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan Syaifullah dalam laporannya menyampaikan, UKW ini digelar atas kerjasama Pemko Medan melalui Dinas Kominfo yang berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan. Dikatakannya, UKW yang mengusung tema "Dengan UKW Mewujudkan Wartawan Pemko Medan yang Profesional" ini, dilaksanakan selama dua, mulai 15 - 16 November.

"Ada sebanyak 42 wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan dan Kota Medan yang mengikuti UKW ini. Saya tentunya berharap, 90 persen wartawan dapat lulus mengikuti UKW ini," harap Syaifullah. 

(k7 nell) 
Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 التعليقات:

Posting Komentar